(Masih) Tentang BBM

Sudah 2 hari ini harga BBM dinaikkan dari Rp.6.500,- menjadi Rp.8.500,- atau naik 2 ribu alias 30,7%. Timeline di social media pun masih banyak bersliweran antara pro dan kontra kenaikan tersebut. Tak usah ndakik-ndakik menggunakan analisis faktor, analisis cluster, analysis hirearki proccess (AHP) dan macem-macem yang serba mbingungi ala jaman mahasiswa dulu. Cukup dianalisa menggunakan metode analisis mata telanjang, sudah kelihatan siapa yang pro dan pihak mana yang kontra. Hehehehehehe..
Oke, ga usah mbahas siapa pihak yang pro dan kontra tersebut. Mari kita gerayangi apa yang jadi bahan pihak pro dan kontra sebagai senjata argumennya. Eh, ga usah juga ding. Ntar makin bingung cara misahin pihak mana yang pro mana yang kontra. Kita jadi mbahas apa-apa yang jadi argumennya aja. wkwkwk..
Oke, sebelumnya saya butuh disclaimer nih, bahwa alur tulisan ini bebas dimaknai serius, guyon, khayal, dll. Lha emang saya pake jurus pengawuran ala Wong Fei Hung si Dewa Mabuk kok. :-p
Oke kita mulai. Sisi pertama, ada yang beralibi bahwa kenaikan BBM membuat neraca keuangan negara bisa menghemat sekitar 200 triliun pertahun. Angka yang saya kira cukup untuk beli es dhawet se-Danau Toba. Disini, saya cenderung “sepakat”. Maksud dalam tanda kutip itu adalah, jika dan hanya jika penghematan digunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. Ya, rakyat kebayakan to, bukan “rakyat” yang itu-itu saja. Ingat, bulan Juni 2013 BBM juga naik dengan besaran sama 2 ribu rupiah dan hasil nyata dari penghematan itu apa? Mosok status tersangka si menteri ESDM oleh KPK? Eh gak nyambung ya? wkwkwkwk..
Sisi kedua, mereka yang getun alias nyesel telah memilih presiden yang katanya ga berencana menaikkan BBM kalo terpilih. Katanya lho ya, saya juga ga tahu kata siapa. wkwkwk. Disini, saya juga cenderung “sepakat“, dalam tanda kutip juga. Iya, saya sepakat untuk getun bahwa kita gak bisa belajar dari pengalaman. Bahwa terlepas benar atau salah, omongan politisi itu susah dipegang. Jauh lebih mudah memegang dan mengelus-elus rambut panjang terurai-nya Mbak Cinta yang 12 tahun di-php-in Mas Rangga. Tinggal searching lantas download gambar atau videonya trus silakan dipegang dan dielus-elus sepuasnya di hp atau laptop.

Haduh, tiba-tiba perut mules nih, gara-gara sejak BBM naik, jadi bikin program pengiritan sendiri. Pagi, nasi pecel, siang dibujuki pake bobo’ trus malemnya supply obat mag. Udah dulu ya, perutku mintaa di manja nih. Bye..bye..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: