[Book Review] Sarjana Muda

Judul : Sarjana Muda Menantang Samudra Kehidupan
ISBN : 9786028801867
Author : Menur Widilaksmi & Gatotkoco Suroso

Satu kisah lagi cerita yang menegaskan bahwa pendidikan bukan hanya milik orang-orang berduit. Sekalipun ini fiksi, namun imajinasi yang ditawarkan sangat real di masayarakat. Ada pesan moral bahwa usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh tak kan pernah sia-sia. Pun juga ketika tokoh utama Langgeng bersusah payah merantau ke Jakarta sebelum akhirnya sukses atas usaha yang tak pernah kenal putus asa.

Ada banyak sisi kehidupan yang ditampilkan. diantaranya keberagaman karakter Indonesia dari watak tokoh-tokohnya (Jawa, Makasar, Betawi, Medan, Ambon, Bali), ada kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin, ada kasih sayang kakak kepada adiknya yg terlahir tak sempurna. ada sisi glamour kehidupan Jakarta yg coba menggoda pemuda polos dari desa, ada juga kisah cinta segitiga. Dan semua diilustrasikan secara bijak.

Kelemahan dari buku ini dalam kacamata saya adalah tidak terselesaikannya kisah cinta dari tokoh utama (mungkin juga kekuatan buku), dan yang paling tampak adalah perbedaan struktur gaya bahasa dari dua penulis yang berbeda. Nampaknya anda bisa dengan mudah menerka bagian mana yang ditulis oleh Menur Widilasksmi dan bagian mana yang ditulis oleh Gatotkoco Suroso.

Secara overall, buku ini sangat cerdik mengangkat tema yang membumi dan riil ada di depan mata kita semua serta mengajak kita untuk mewujudkan bermimpi tanpa harus ber-utopia.

Note : Review sudah pernah dipublish di akun pribadi saya di Goodreads

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: