Kesempatan

“Kesempatan takkan datang dua kali”

Barangkali idiom diatas sudah seringkali kita temui. Biasanya kalimat itu dipakai untuk member dorongan motivasi kepada seseorang yang sedang dilanda kebimbangan dalam memutuskan sesuatu. Dan saya sependapat dengan kalimat itu dalam dimensi waktu yang belum berlalu.

Namun, kalimat diatas mungkin bisa berubah menjadi pisau yang menikam semangat. Terutama bagi orang yang gagal dalam memanfaatkan adanya kesempatan (yang katanya tidak datang lagi). Kadang terjadi, manusia menjadi gila, stress, down bahkan sampai ada yang bunuh diri hanya karena sebuah kegagalan.

Dalam pandangan saya, masih ada kesempatan kedua, ketiga, keempat, kelima dst. Salu kisah yang tentu sudah jamak diketahui, bahwa Thomas Alfa Edison memerlukan ribuan kali kegagalan sebelum muncul satu kesuksesan saat membuat lampu pijar. Dalam suatu wawancara dia menjelaskan bahwa ia tak pernah gagal, namun cuma menemukan cara yang tak bisa menbuat bola lampu menyala lewat listrik sebanyak 1448 kali sampai kali ke 1449 kali baru ditemukan cara untuk menyalakan bola lampu dengan listrik.

Satu pelajaran dari kisah Thomas Alfa Edison tersebut, bahwa kesempatan itu tidak untuk diharapkan, namun diciptakan oleh diri sendiri. Selaras dengan yang sudah saya tulis dalam status twitter maupun facebook, bahwa “kekacauan di dunia disebabkan oleh orang-orang yang HANYA berpangku tangan mengharapkan kesempatan kedua”.

Advertisements

4 Responses to “Kesempatan”

  1. Kesempatan pasti datang kalau kita terus mencoba

  2. anggianidini Says:

    kunjungan pertama nih mas.
    Gw setuju dengan pesan moral lu, “kekacauan di dunia disebabkan oleh orang-orang yang HANYA berpangku tangan mengharapkan kesempatan kedua”. Hmm, berarti sekarang gw masih berpangku tangan, karna masih ngerasa kacau, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: