Masa Lalu dan Masa Depan adalah Masa Kini

Tahun 2010 telah berlalu, tahun 2011 telah berjalan hampir 2 hari. Mayoritas manusia merayakan pergantian tahun tersebut. Masing-masing berlomba membuat resolusi baru untuk dicapai di tahun ini. Suatu hal yang tentunya dicanangkan lebih baik dari yang telah terjadi sebelumnya.

Diantara resolusi teman-teman yang saya baca, entah di blog, twitter, koprol dan account social network lainnya, ada hal yang saya tangkap dari mereka. Tentunya teman yang beberapa yang saya kenal sedikit/banyak dari kehidupannya yang telah dilaluinya. Sepertinya mereka sangat antipasti dengan masa lalu.

Setiap orang memiliki masa lalu, ada yang kelam, pahit, penuh kegagalan, namun ada pula yang sukses, gemilang, dan penuh kebahagiaan. Kedua kondisi diatas memiliki kesamaan bahwa kejadian masa lalu telah menjadi kenangan. Kenangan yang indah tentu akan membawa dampak semangat bisa juga melenakan, sebaliknya kenangan pahit ditinggalkan sesak juga bisa jadi pelajaran.

Saya pribadi beranggapan masa lalu tak ada bedanya dengan masa depan. Masa lalu sebelum jadi masa lalu adalah masa depan dari kehidupan sebelumnya. Pun juga masa depan nantinya juga akan jadi masa lalu. Dan itu sudah jadi hokum alam untuk keseimbangan kehidupan kita.

Bagiku yang paling penting adalah masa kini yang kita jalani. Saat itulah kita bisa melakukan upaya agar masa depan yang kita tatap bisa menjadi masa lalu yang indah nantinya ataupun masa lalu yang kelam bisa menjadi masa depan yang indah dari pelajaran yang telah terjadi.

Inti dari tulisan diatas, jangan pernah merasa terbebani oleh masa lalu untuk bertindak saat ini. Ya, yang paling penting adalah keyakinan dan optimisme saat ini. Jika kita yakin masa lalu kelam adalah pelajaran dan bisa dibawa ke masa depan dengan perbaikan, Lakukanlah!!! Sebaliknya, jika masa lalu indah bisa membuat kita lebih semangat, teruskanlah dan perbaiki agar tidak menjadi hal yang melenakan..

Selamat tinggal masa lalu dan masa depan, Selamat datang masa lalu dan masa depan!!!

Mari kita ukir masa kini dengan penuh keyakinan dan optimisme!!!

11 Responses to “Masa Lalu dan Masa Depan adalah Masa Kini”

  1. Tulisan yang bagus….
    Izin pasang rss-nya di blog saya 🙂

    Kalau berkenan, tolong juga pasang link saya di mari
    Kampanye postaday2011

    – Salam Rumah (Smials) –

  2. history start now..
    hari ini akan membentuk masa depan kita juga sebagai sejarah buat esok hari..
    nice post 🙂

    salam ..

    • sepakat, Mas/Mbak…

      ndak perlu kuatir dengan masa lalu atau masa depan karena masa lalu sebelumnya adalah masa depan. masa depan pun akan menjadi masa lalu juga…

      salam juga…

  3. menarik’vblue suka ini
    salam hangat dari blue

  4. Selamat tahun baru. semoga sukses di 2011

  5. Masa Lalu bagi ane masa dimana ane tumbuh untuk belajar secara basic
    Masa Kini bagi ane masa dimana ane mewujudkan mimpi anda buat Masa Depan
    Masa Depan bagi ane dimana ane mau hidup tenang bersama kelurga bebas dari polusi & keributan

    • tumbuh untuk belajar secara basic dimasa kini juga tak masalah.
      mau hidup tenang bersama kelurga bebas dari polusi & keributan di masa kini pun juga bisa.

      bukan begitu Bang?
      hehehehehe

Leave a Reply

