Inovasi Periklanan di Era web 2.0

Beberapa waktu yang lalu di twitter sempat terjadi kasus heboh yang menjadi trending topic (istilah untuk kata yang sering ditulis di twitter). Kasus tentang seorang pelajar yang menghina sekolah negeri di Indonesia. Dan saat ini ada lagi kisah perbincangan di kalangan web yang melibatkan ABG, yaitu Ririn Dumin dimana ABG ini berobsesi jadi bintang iklan.
Ririn Dumin, atau disingkat Rindu berobsesi jadi bintang iklan dalam 20 hari. Dan untuk menunjang obsesinya, dia meng-upload beberapa video kisah perjalanannya di youtube.com. dia juga memanfaatkan blog untuk mewujudkan impiannya. Dan akhirnya dalam 20 hari, dia berhasil menjadi bintang iklan untuk pertama kalinya.

Namun dalam posting ini, saya melihat ada semacam “rekayasa” dalam kisah tersebut. Ada indikasi kalau sosok Ririn sengaja diciptakan oleh advertiser dengan memanfaatkan era web 2.0 dimana para user net bisa saling berbagi dan kemudian dengan ditunjang kekuatan mouth of mouth, cerita ririn ini menjadi booming. Dan hal itulah yang sangat diharapkan oleh sang product advertiser tersebut.

Kenapa saya mengira ada “rekayasa” yang menurutku sangat inovatif sesuai sumberdaya teknologi dan era sekarang ini.
Pertama, di-blog ataupun di youtube, Ririn menggunakan nama belakang Dumin dan iklan pertamanya tersebut adalah iklan dengan merk yang sama. Pertanyaannya, lebih dulu product-nya ada atau videonya?? Disini ada kemungkinan iklan telah ada sebelumnya dan kemudian dibuatlah video lain sebagai penunjang untuk memanfaatkan web 2.0 dan video tersebut diberi additional name brand dari iklan tersebut.

Kedua, blog maupun youtube dibuat dalam waktu yang tidak jauh berbeda (hampir bersamaan). Posting video pertama tanggal 15 Februari 2010 dan posting blog pertama adalah tanggal 18 Januari 2010. ada kemungkinan ini adalah bagian dari skenario iklan.

Namun, kalau indikasi yang saya utarakan diatas benar, saya sangat salut atas iklan tersebut karena paham benar dengan keadaan target dan potensi pasar saat ini. Dan akan ada banyak inovasi lain seiring dengan perkembangan teknologi yang terbaru..

Advertisements

One Response to “Inovasi Periklanan di Era web 2.0”

  1. mode kyk gini keknya udah lama deh…
    mirip-mirip ama ini kan “sarah Aprilia” a.k.a Raline
    http://archive.kaskus.us/thread/2717220

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: