Sekelumit Info Tentang Plagiarism


Image source = http://nu-eric.blogspot.com/

Plagiarism, sepertinya sudah jamak di Indonesia. Banyak artikel yang dicomot dari tempat lain tanpa disebutkan sumbernya. Ndak usah jauh-jauh deh, coba aja anda lihat status facebook teman-teman anda. Banyak yang pake lirik lagu tanpa disebut penyanyinya (kalo yang ini, saya termasuk juga pelaku plagiarism nih. Sering pake lirik lagu Iwan Fals tapi gak saya cantumkan. Kecuali kalo pake lirik lagu lain, sebisa mungkin selalu saya tulis.hehehehehehe).

Namun apa jadinya bila plagiarism itu lantas dijadikan komersiil?? Ato setidak-tidaknya dijadikan suatu modal agar menjadi tenar atau untuk mendapatkan pengakuan akan kecerdasan yang “fana”.

Yaps, belakangan lagi santer tentang plagiarism yang dilakukan oleh seorang professor berinisal AABP. Saya ndak bisa banyak ulasan deh, soalnya ndak tahu apa-apa. Cuma hanya ingin berbagi informasi, tentang bentuk plagiarisme yang dituduhkan…

Ini beberapa sumber informasinya, hehehehehe….
– Kompasiana : Profesor Plagiat, Hanya ada di Indonesia?
– Jakarta Post : Plagiarism
– Kompasiana :Prof. Banyu Perwita: Plagiat ini Bukan yang Pertama!

Dan ini dokumen pendukungnya (di link ketiga diatas juga disebutkan dokumennya)
http://www.datafilehost.com/download-afce8e79.html

Ups, saya menyebutkan semua link yang saya pakai lho, jadi jangan tuduh saya plagiator.hehehehehe…

2 Responses to “Sekelumit Info Tentang Plagiarism”

  1. Kunjungan balik opaa..salam kenal dari cucu tersayang ^^

    Waaahh..berarti saya masih tergolong plagiator ya opa, kadang ada image yg nyomot dadi mbah gugel, terus ga ngasih sumber image-nya.
    Yawda deh..lain kali harus diingat buat nyantumin sumbernya, tolong cucunya diingetin ya opa 🙂

    oiya opa, sudilah kiranya opa menautkan link blog saya, biar lebih banyak blogger yg ngasih kritikan dan masukan terhadap konten yang kebanyakan ga penting itu. Maklum opa, masih bayi blognya, hehehe..

    • opa??
      waduh, kulawik. saya kan masih muda thing thing.
      buktine, KTP-ku isih tertulis STATUS PERKAWINAN : “BELUM MENIKAH”.

      nek dirimu kan tulisane “SUDAH MENIKAH”, dadi yo pantese tak celuk mami.hihihihihihi…

      Oke, link mami langsung saya cantumkan…

Leave a Reply

