Potensi Emas

Sedikit kaget juga ketika saya iseng2 searching cari artikel tentang asal usul dan keberadaan situs jejaring sosial macam friendster atau facebook atau lainnya. Saya menemukan artikel dari antara.co.id yang berjudul Friendster Hadir dalam Bahasa Indonesia

“Menurut siaran pers Friendster di Jakarta, Jumat, di Asia friendster.com menjadi situs jaringan sosial terbesar yang dikunjungi rata-rata 32 juta pengguna internet setiap bulannya ini, kini disajikan dalam tujuh bahasa, Inggris, Indonesia, China Sederhana, China Tradisional, Jepang, Korea, dan Spanyol.
Di Indonesia, Friendster memiliki lebih dari 8 juta pengguna terdaftar dan 4 juta pengunjung unik setiap bulan di friendster.com pada Februari 2008. Sementara 40 persen dari 20 juta pengguna internet yang ada di Indonesia memiliki akun Friendster.

Pengguna di Indonesia, kata Friendster, umumnya menghabiskan waktu 30 menit setiap hari di friendster.com dan mengunjungi laman itu beberapa kali seminggu untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan saling berbagi atau menikmati konten melalui fitur-fitur yang ada.”

Yang membuat saya kaget sebenarnya bukan pada jumlahnya, tapi sisi lain dari statement itu yang sangat potensial untuk bisa dimanfaatkan. bayangkan saja, dari statement di atas, kalo insting marketing kita muncul, bagaimana seandainya hal itu dimanfaatkan.

saya coba log-in ke FS-ku, dan ternyata, saya hanya menemukan satu iklan besar terpampang dibawah template my friends. dan bayangkan saja jika setiap pemilik account FS yang log-in kemudian tampilan advertisenya adalah sama. secara sadar atau tidak, tampilan itu akan masuk ke dalam pikiran otak bawah sadar pemilik account apabila dia sering-sering log-in. dan yang jadi potensi adalah sisi advertising itulah yang saat ini menurut saya belum sama sekali di optimalkan oleh para marketer.

Nah, disinilah kreatifitas seorang marketer diuji. bagaimana mereka membuat tampilan yang eye catching sehingga sisi advertise-nya gak memerlukan iklan itu masuk ke otak dengan cara membiasakan para pemilik account dengan jejalan tampilan sesering mungkin. cukup sekali-dua kali, langsung bisa menarik pemilik account untuk memperhatikan dengan seksama apa yang ditawarkan oleh iklan tersebut..

Advertisements

2 Responses to “Potensi Emas”

  1. frenster itu teman lama sayah..

    yg kadang kangen banget kaloh nggak buka seminggu saja.. hehe..

    perusahaanmu lo noz ngiklan ndik kono..

  2. YUP… setuju sekali, tampilan yg eye catching. Tapi, si-friendster itu nemu adanya potensi emas itu tentunya bukan asal nemu, atau asal ada space kosong kan ? Pastilah dia meriset, halaman mana dari seluruh tampilan yang pas kena di mata.

    Tapi kalau ngomong strategi para marketer, nampaknya masih banyak yang malu-malu untuk ngiklan di internet. (Hehehe, malu-malu atau malu2in ya?).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: