Oleh-oleh Pulang Kampung (I): Laporan Pandangan Mata Pasca Banjir.

Rabu sore, bertepatan dengan malam tahun baru Hijriyah, saya sempatkan diri untuk pulang kampung melihat-lihat kondisi tanah kelahiran pasca bencana alam banjir. Karena hanya berencana Cuma sehari-dua hari pulang kampong, maka naik bis tampaknya lebih baik daripada harus bersepeda motor yang pastinya akan lebih menguras banyak tenaga.
Sore usai Asar, langkah kaki kuayunkan menuju trayek lyn WK yang akan mengantarkanku terminal Tambak Oso Wilangun. Tak usah banyak cerita tentang perjalanan (akan ada cerita lebih lanjut), saya sampai di rumah sekitar jam 20.00. sebentar istirahat, sambil say hello dengan keluarga kulanjutkan niat awal kepulanganku. Segera motor kubawa ke warung kopi cak Hari langganan dan sms kukirim kepada beberapa teman main untuk kuajak sekedar “patroli”. Tak berapa lama temanku datang dan patroli siap dimulai di malam yang mulai menawarkan hawa dingin menusuk tulang. Berbekal keinginan kuat untuk ikut merasakan duka yang entah kapan akan terjadi lagi, tetapi berharap semoga tidak akan terjadi lagi, aku dan temanku mulai berekspedisi menyusuri tiap sudut kota yang walau waktu baru menunjukkan jam 10 malam tapi suasana seolah-olah sudah memasuki sepertiga malam terakhir.
Ada beberapa sisa–sisa kepedihan yang tampak menggambarkan ketidakberdayaan manusia dalam menghadapi kehendakNya. Di jalan MH.Thamrin jalan ditutup karena masih penuh dengan Lumpur akibat jebolnya tanggul di ±100 meter selatan Polres. Ke utara lagi, ujung barat Jl. Pangsud Lumpur juga masih membuat seseorang yang apabila berjalan disana spontan akan melipat selana ke atas. Di sepanjang jalan Dr. Soetomo sampah-sampah bawaan luapan air masih terlihat berhamburan. Begitu juga di daerah alun-alun. Dan karena waktu menunjukkan hampir jam 12 malam memaksaku untuk pulang guna mengikuti ritual malam satu Suro.
Keesokan harinya, aku gak kemana-mana karena semua pakaianku yang tak tinggal di lemari rumah juga menjadi tempat endapan air banjir sehingga memaksaku untuk mencuci seluruhnya.

ada yang mau bantu cuci pakaian??

Advertisements

One Response to “Oleh-oleh Pulang Kampung (I): Laporan Pandangan Mata Pasca Banjir.”

  1. If you want to grow your familiarity simply keep visiting
    this web site and be updated with the hottest news posted here.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: